RAPORT PENDIDIKAN TAHUN 2023

Diterbitkan: Rabu, 15 November 2023

Raport Pendidikan ini berisikan data dari hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 24 Oktober 2023 dan dibagi dalam 3 sesi, setiap sesi diikuti oleh 10 peserta ini dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana yang harus digunakan pada kegiatan ANBK.
Hasil raport pendidikan ini bukan saja berasal dari kegiatan ANBK yang diikuti oleh siswa kelas 5 yang terpilih (30 peserta utama dan 5 peserta cadangan) tetapi juga hasil dari Survey Lingkungan Belajar (SULINGJAR) oleh semua guru yang terdata dalam Data Pokok Pendidikan (DAPODIK).
Manfaat raport pendidikan ini dirancang untuk memudahkan tenaga pendidik, seperti kepala sekolah dan guru dalam menyusun perencanaan program berbasis data yang tertuang dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam menganalisa, merencanakan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.

Berikut rincian nilai Raport Pendidikan Tahun 2023:

  1. Kemampuan Literasi
    Adalah Persentase peserta didik berdasarkan kemampuan dalam memahami, menggunakan, merefleksi, dan mengevaluasi beragam jenis teks (teks informasional dan teks fiksi).
    Nilai : Baik (Artinya Sebagian besar peserta didik telah mencapai batas kompetensi minimum untuk literasi membaca).
    Skor capaian Kemampuan Literasi tahun ini 73,33, naik 4,76% dari tahun 2022 (skor 70).
  1. Kemampuan Numerasi
    Adalah Persentase peserta didik berdasarkan kemampuan dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan.
    Nilai : Baik (Artinya Sebagian besar peserta didik telah mencapai batas kompetensi minimum untuk numerasi).
    Skor capaian Kemampuan Numerasi tahun ini 76,67, naik 155,57% dari tahun 2022 (skor 30). Kenaikan di atas 100% menandakan Satdik berhasil melakukan perbaikan yang signifikan.
  1. Karakter
    Adalah Kecenderungan peserta didik dalam bersikap dan berperilaku berdasarkan nilai-nilai pelajar Pancasila yang mencakup beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, gotong-royong, kreativitas, nalar kritis, kebinekaan global, serta kemandirian.
    Nilai : Baik (Artinya Peserta didik terbiasa menerapkan nilai-nilai karakter pelajar pancasila yang berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis serta berkebinekaan global dalam kehidupan sehari hari).
    Skor capaian Karakter tahun ini 55,86, naik 6,91% dari tahun 2022 (skor 52,25).
  1. Iklim Keamanan Sekolah
    Adalah Kondisi satuan pendidikan yang kondusif yang memberikan rasa aman (secara fisik dan psikologis), seperti tidak adanya perundungan dan hukuman fisik.
    Nilai : Baik (Artinya Satuan pendidikan memiliki lingkungan sekolah yang aman, terlihat dari kesejahteraan psikologis yang baik dan rendahnya kasus perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, dan penyalahgunaan narkoba. Satuan pendidikan dapat mempertahankan kualitas warga sekolah dalam mencegah dan menangani kasus untuk menciptakan iklim keamanan di lingkungan sekolah).
    Skor capaian Iklim Keamanan Sekolah tahun ini 72,99, naik 12,73% dari tahun 2022 (skor 64,75).
  1. Iklim Kebhinekaan
    Adalah Kondisi sekolah yang menunjukkan adanya sikap dan perilaku kepala sekolah dan guru dalam menerapkan toleransi agama dan budaya serta komitmen kebangsaan.
    Nilai : Baik (Artinya Satuan pendidikan sudah mampu menghadirkan suasana proses pembelajaran yang menjunjung tinggi toleransi agama/kepercayaan dan budaya; mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas; mendukung kesetaraan agama/kepercayaan, dan budaya; serta memperkuat nasionalisme).
    Skor capaian Iklim Kebinekaan tahun ini 69,66, naik 16,7% dari tahun 2022 (skor 59,69).
  1. Kualitas Pembelajaran
    Adalah Kualitas pengelolaan kelas dan penyelenggaraan pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa.
    Nilai : Baik (Artinya Pembelajaran menunjukkan kualitas yang optimal ditunjukkan dengan suasana kelas yang kondusif, dukungan afektif dan aktivasi kognitif dari guru yang konstruktif).
    Skor capaian Kualitas Pembelajaran tahun ini 67,52, naik 14,38% dari tahun 2022 (skor 59,03)

 

 

Artikel Terbaru
5 July 2024
https://www.tiktok.com/@mpoed.kasep/video/7378793399941451014
26 February 2024
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Bapak/Ibu yang kami hormati. Pendaftaran Peserta Didik…
15 November 2023
Raport Pendidikan ini berisikan data dari hasil Asesmen Nasional Berbasis…
Statistik Pengunjung